Selasa, Februari 19, 2008

Miliki Kaki Cantik dan Sehat

Tentu kita tidak ingin memiliki aroma kaki yang menusuk, pasti itu akan sangat mengganggu orang2 disekeliling kita. Aroma yang tidak sedap pada kaki biasanya dikarenakan pertemuan antara keringat yang berlebihan dan bakteri. Bila kita tidak ingin hal tersebut terjadi maka sebaiknya gunakan kaos kaki yang menyerap keringat dan cucilah langsung setelah digunakan. Setelah mengenakan sepatu tertutup untuk kurun waktu yang lama sebaiknya diangin-anginkan dulu alas kaki tersebut agar bagian dalam tidak lembab. Pastikan kaki dalam keadaan kering saat mengenakan sepatu tertutup agar jamur tidak sempat berkembang biak, kita juga bisa gunakan bedak pada sela-sela jari kaki kita.

Kaki dapat menghasilkan keringat yang berlebihan, apalagi jika sering menggunakan alas kaki yang tertutup. Bila kaki berkeringat terlalu berlebihan maka untuk mengurangi produksi keringat pada kaki, sebaiknya rendam kaki secara bergantian selama 20 menit dengan air hangat dan dingin. Untuk campuran air rendaman bisa tambahkan garam mandi 1/2 sdm atau 4 hingga 5 tetes minyak esensial. Atau bisa gunakan daun mint tetapi sebaiknya siram dulu segenggam daun mint dengan 2 gelas air mendidih lalu diamkan sesaat sebelum dicampurkan ke air rendaman.

Seperti kulit wajah perlu dilakukan facial demikian juga dengan kaki. Untuk membersihkan kotoran dan membuka pori-pori kulit sebelum melakukan perendaman sebaiknya gunakan krim scrub pada kaki dengan gerakan memutar, bisa mulai dari telapak kaki hingga betis.

Kita juga bisa membuat scrub sendiri dirumah, caranya cukup mudah yaitu ambil 1 sdm alpukat yang dihaluskan, 1 sdm garam kasar dan 4 tetes minyak esensial. Lalu campurlah semua bahan, aduk rata dan siap digunakan. Selamat mencoba, dan selamat terhindar dari aroma kaki yang tidak sedap.

Tidak ada komentar: