Minggu, Januari 27, 2008

Manfaat Lo Han Kuo

Luo han guo adalah tumbuhan merambat yang berasal dari daratan Cina. Tanaman bernama Latin Memordicae grosvenori Swingla ini dibudidayakan seperti anggur. Bentuk buahnya seperti bola, berdiameter 4-6 cm. Buah yang mentah warnanya hijau tua, sedikit mengkilat. Sejak dahulu buahnya dipakai untuk mengobati batuk atau radang tenggorokan. Daunnya digunakan mengobati penyakit kulit, akarnya untuk penyakit cacar, kulitnya buat luka tersayat pisau atau benda tajam lain. Buahnya punya khasiat jauh lebih besar ketimbang bagian lain dari tanaman ini.

Dijelaskannya, tanaman yang paling baik berasal dari Provinsi Guang Xi, Cina, tepatnya di Guilin, kota dengan pemandangan yang indah. Di kota itu terdapat gunung batu yang mengandung mineral, terutama kalsium. Tidak heran, luo han guo yang tumbuh di Guilin mengandung banyak mineral. Dari tempat inilah LO HAN KUO yang kita kenal dipasaran dalam bentuk kemasan diproduksi secara tradisional.

Buah luo han guo mentah tak bisa digunakan sebagai obat karena rasanya yang tidak manis. Setelah dipetik, jangan disimpan terlalu lama. Buah ini berkhasiat bila telah diolah. Kulit luarnya kering dan ringan, bila ditekan hancur. Di dalamnya seperti gumpalan busa berwarna kuning kecoklatan. Bila kulit luar kering dan dalamnya basah berarti buahnya sempurna, harus disimpan di dalam lemari es, supaya tidak berjamur,

Pada tahun 1983, seorang profesor di Jepang mengadakan penelitian dan menemukan bahwa luo han guo mengandung glucoside-terpene dan sedikit fruktosa, rasa manisnya 400 kali lipat dari gula pasir, tetapi tidak mengandung kalori. Setahun terakhir ini para ahli di sana meneliti kandungan, khasiat dan manfaat buah luo han guo untuk pengobatan. Dari penelitian yang telah dilakukan, buah luo han guo dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes mellitus, hipertensi, asma, batuk, tenggorokan kering, radang kulit, menurunkan berat, mencegah flek, keriput, jerawat, mencegah rambut rontok, penyakit lambung, alergi, mengurangi gejala penyakit menjelang menopause, kelainan pada uterus, melancarkan buang air.

Di dalam buku Siraitia Groseenorii karangan C, Jeffrey, disebutkan bahwa luo han guo rasanya manis, mempunyai sifat dingin, dan tidak beracun. Buah ini baik untuk mengobati penyakit paru dengan gejala demam dan batuk, dapat juga membantu kesehatan saluran cerna serta menghilangkan panas dan lendir tenggorokan. Selain itu, buah ini baik untuk organ hati dan pankreas, memulihkan tekanan darah dan kencing manis. Menurut Yuliana, sebuah luo han guo direbus dengan 2 liter air hingga berwarna kecoklatan, sekitar 25 menit. Bila campuran tersebut ditambah telur ayam dan diminum setiap pagi bermanfaat untuk mencegah suara serak dan radang tenggorokan. Ramuan ini cocok untuk penyanyi. Untuk mengobati radang tenggorokan, cukup dengan mengisapnya, layaknya permen.

Secara empiris buah ini juga mempunyai efek membuat kulit licin, mengkilat, dan tidak kering. Selain itu dapat pula digunakan sebagai obat diare, mengilangkan rasa lelah, alergi, meredakan sesak napas, asma, atau gatal karena gigitan serangga. Buah ini juga mampu membuat penglihatan lebih jelas, menghilangkan bau amis, serta rasa dingin pada kaki dan tangan, melunakkan daging atau tulang yang keras, dan membuat masakan menjadi lezat kata Yuliana.

Luo Han Guo bergabung dengan makanan lain pada saat penyerapan, dan mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sebuah luo han guo mengandung fruktosa yang setara 50-80 gram gula pasir. Satu gelas ramuan luo han guo mengandung 0,1 gram kadar fruktosa.
Konsumsi gula yang berlebih bisa menjadi pencetus kegemukan, yang tentu saja akan menimbulkan berbagai penyakit. Sebaliknya, luo han guo tidak membuat tubuh gemuk. Buah luo han guo mengandung vitamin A, B, C, D, E, betakaroten, serta fosfor, zat besi, kalsium, natrium, kalium, magnesium, dan zinc.

Saat ini LO HAN KUO dibuat dalam bentuk kemasan dari ekstrak kualitas tinggi pilihan LO HAN KUO dipadu dengan metoda sain modern.. Dikenal sebagai alternatif untuk pengganti minum teh. Dengan rasa, dan aroma khas dan dengan mudah bisa diabsorb oleh tubuh. Cocok untuk pria dan wanita, tua dan muda, dalam segala musim. Minum secara teratur dapat memperkuat liver, dan meningkatkan vitalitas.

53 komentar:

ine mengatakan...

tapi sayangnya, lo han kuo dalam kemasan yang banyak dijual di supermarket itu, belum ada keterangan halal-nya ya ?
Meskipun tahu manfaatnya, tapi saya jadi agak ragu krn belum jelas status halal atau tidaknya.

Anonim mengatakan...

buat apa halal dan gak halal?
smua yg ada dibumi kan ciptaan Tuhan smua...
gak ada yg tak baik yg ada cuma skumpulan manusia nunafik yg mengotak-kotakannya...

Anonim mengatakan...

@-
dunia ini ada siang ada malam, ada baik ada buruk, ada polisi ada juga maling, begitu juga halal dan haram

dan semua bukan kita yang mengotak-kotakanya, tapi dari sang penguasa.

@ine
two thumbs up.....

Anonim mengatakan...

@Anonim yg mengatakan 'buat apa halal dan gk halal'

halal atau tidak halal (haram) itu sangat penting, khususnya bagi umat Islam.
memang semua yg ada di bumi adalah ciptaan tuhan. tp tuhan jg sudah memberikan batas2 tertentu. mana yg bisa dikatakan halal & mana yg bisa dikatakan haram.

dan mungkin, kamulah yg termasuk golongan munafik yg kamu katakan itu.

Anonim mengatakan...

Karena saya bukan ahli di bidang penghalalan dan pengharaman minuman+makanan, namun stlh membaca tulisan di atas, dg khasiat dan kandungan dlm buahnya. Saya cenderung halal utk dikonsumsi. an kandungan dlm buahnya. Saya cenderung halal utk dikonsumsi.

Anonim mengatakan...

Kalo buat bengkak gusi bisa ga yaaaa??mohon di bantu

Anonim mengatakan...

ini ngomongin khasiat buah kenapa jadi ribut masalah halal ato haram, kl ragu tidak usah d konsumsi gt aja, kl dr rasana lohan kuo yg ada berbentuk kemasan saya yakin tidak di campur bahan2 yg d haramkan umat islam, semua kembali ke kita kan niatnya baik konsumsi buah ini untuk kesehatan, kl masih ragu yaa tidak usah dikonsumi dan mencari alternative lain,

vanquish mengatakan...

klo elo minum lohanguo nya hasil curian mah ya pasti haram lah.. soalnya itu ngerugiin pedagang,,tapi klo elo beli tuh lohankuonya ya kaga haram kali.. gitu ajah koq repot.. emank orang "....." banyak macem2nya ajah dech.. pengertian halal&haram yang aneh yg dianut!!!

Mung mengatakan...

Persoalan halal dan haram sebenarnya tidak serumit itu. Islam itu praktis, mudah dan sederhana. Cukup bandingkan manfaat dan mudarat (kerugian) jika dikonsumsi. Jika lebih banyak manfaatnya, maka satu perkara bisa menjadi halal meskipun hukum dasarnya adalah haram. Misalnya darah atau daging ular dan kodok adalah haram, tapi jadi halal jika dikonsumsi sebagai obat.

Kalau di daerah Tebet, Jakarta, kira-kira dimana yah saya bisa mendapatkan lo han kuo kemasan? Kalau ada yang punya info, tolong dong kasih tahu lewat email: mungyana(at)gmail.com.

Sekian dan terima kasih.

Anonim mengatakan...

Saya baru2 ini sakit gigi/ tepatnya gusi bengkak karna ada yg lobang dan belum dicabut,juga radang panas dalam, badan sakit semua, ( karena saya berencana tidak akan ke dokter ;pengalaman buruk, gak pernah sembuh dan buang2 uang, malah antibiotiknya dibuang) disarankan istri minum Lou Han Kuo, hanya dalam hitungan jam, suhu tubuh langsung normal, dan maaf (kebelakang..men***t) dan buang2 angin yg sangat bau dan gasnya berasa panas, besok paginya, badan lebih enakan kira2 pulih 70%, lalu saya mulai rutin konsumsi LHK, syukur tubuh saya terasa semakin fit dalam beberapa hari ini.

Anonim mengatakan...

ini kan buah,halal.coba aja liat obat sekarang yg dijual diwarung,ada halalnya ga?hampir kebanyakan ga pake halal

kenrical mengatakan...

Lo Han Kuo merupakan buah yang halal karena melihat didalam konteks untuk kesehatan/ obat. pada website saya menjelaskan tentang Sirup Lo Han Kuo plus madu yang sangat berguna bagi tubuh kita, baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit maupun untuk menjaga stamina. Bagi yang ingin mencoba khasiat Sirup Lo Han Kuo plus madu, silahkan kunjungi website saya di www.kenrical.com dan segera order untuk merasakan khasiatnya... :D

Anonim mengatakan...

lo han kuo seperti yg ada digambar bs di dapatkan di alfa mart kok :d ak jg lg konsumsi itu. kmarin batuk2 ga sembuh2. dan sekarang sudah sangat mendingan sekali

Anonim mengatakan...

bodoh banget yg bilang haram, udah jelas-jelas ini buah kok dibilang haram...[buah kuldi kalee...], lagian kalo udah punya izin edar.., ya mestinya gak usah didebat lagi masalah halal haramnya donk...

Anonim mengatakan...

Utk yg komentar buat apa halal haram, salah besar jika you bilang bahwa smua sama aj. Yg halal tu pasti baik,yg haram tu pasti buruk utk manusia. Klo you bilang ga da masalah,mungkin bisa dikatakan sama antara you dgn binatang ato setan ya, kan semua juga ciptaan Tuhan. Benerin dulu otak you baru minum Lo Han bro...

Anonim mengatakan...

Lho, yang lagi dibahas sama mpu-nya blog ini tentang Lo Han Kuo dan khasiatnya... kok malah ribut antara halal dan haram, siy? semua itu tergantung Mas dan Mbak bagaimana menyikapinya... saya siy udah puluhan tahun minum, alhamdulillah minuman ini menjadi top rate bagi bekal yang berangkat umroh untuk mencegah panas dalam mengingat iklimnya berbeda jauh dengan Indonesia raya.. Salam damai dan sejahtera bagi anda yang baca..

Anonim mengatakan...

Aman ga d konsumsi tuk ibu hamil

Anonim mengatakan...

Haha.. dasar Indon, sedikit2 dikaitkan dgn agama, blog tentang obat jg dibahas halal haramnya?
Mau sembuh ya dipakai, ga yakin ya ga usah.
Anyway, yg bikin aturan itu manusia bukan Tuhan, anda dulu waktu lahir ga ada cap stempel agama kan?

Anonim mengatakan...

Haha.. dasar Indon, sedikit2 dikaitkan dgn agama, blog tentang obat jg dibahas halal haramnya?
Mau sembuh ya dipakai, ga yakin ya ga usah.
Anyway, yg bikin aturan itu manusia bukan Tuhan, anda dulu waktu lahir ga ada cap stempel agama kan?

Anonim mengatakan...

Ha3x.betul betul betul.soal halal apa haram biar lngsung berurusan sama diatas. Kita masih sama2x makan nasi.kita perlu bercermin apakah diri kita sendiri sudah halal?

Anonim mengatakan...

4 / 5 penduduk di muka bumi ini ndak pernah mikir halal atau tidak dan mereka hidup dengan bahagia ... Halal bin haram adalah karangan manusia.

Anonim mengatakan...

Saya hbs batuk2, diminumin lo han kuo lngsung nyaman tenggorokan

Anonim mengatakan...

http://media.isnet.org/islam/Qardhawi/Halal/102.html

Anonim mengatakan...

After getting more than 10000 visitors/day to my website I thought your cantikdansehat.blogspot.com website also need unstoppable flow of traffic...

Use this BRAND NEW software and get all the traffic for your website you will ever need ...

= = > > http://get-massive-autopilot-traffic.com

In testing phase it generated 867,981 visitors and $540,340.

Then another $86,299.13 in 90 days to be exact. That's $958.88 a
day!!

And all it took was 10 minutes to set up and run.

But how does it work??

You just configure the system, click the mouse button a few
times, activate the software, copy and paste a few links and
you're done!!

Click the link BELOW as you're about to witness a software that
could be a MAJOR turning point to your success.

= = > > http://get-massive-autopilot-traffic.com

Anonim mengatakan...

Paus paulus masuk islam bener gak tu beritanys... Mohon info

Anonim mengatakan...

Bagi yg tidurnya brisik(ngorok) kayaknya lou han kuo cukup bisa ngurangin

Anonim mengatakan...

Paus paulus udah meninggal dari kapan tau bos. Gimana bisa orang dah mati ngubah keyakinan, Mbok ya diteliti dulu kalo menerima kabar seseorang itu mualaf. Cari kek beritanya di Internet via Google. Jangan langsung menerima kabar secara mentah-mentah.

obat cina herbal mengatakan...

Lo han kuo sangat baik pada lambung juga membantu meredakan panas dalam rendah kalori walau rasanya manis dan bisa di pesan disini Obat cina herbal

Anonim mengatakan...

Perasaan ni tulisan tentang obat malah bahas bau2 agama, cacad semua pada...

Anonim mengatakan...

liatin orang begok gak punya pendidikan gitu aja mau sebacokan gimana kalau ketinju gak sengaja tambah parah kalie

Anonim mengatakan...

Waw... Alhamdulillah puji Tuhan haleluya... 30 menit yang lalu sy terbangun dr tidur tepat jam 4.30am .. karena batuk kering semalaman (tidur @ 01.15) , kemudian saya seduh kopi ginseng dan meminumnya.. hasilnya saat minum hangat2 batuk hilang.. tapi saat kopi habis mulai gatal2 tenggorokan dan batuk lagi..

Saya teringat dikasih teman sebungkus lo han kuo saat latian Choir.. katanya bagus utk melegakan tenggorokan tetapi tidak pernah saya minum karena ragu dengan rasa (takut pahit, walaupun sudah dibilang rasanya asam manis)dan khasiatnya.

Karena sudah desperate.. akhirnya saya seduh air panas dan saya beranikan minum sambil googling yang akhirnya nemu artikel di wikipedia dan di blog ini.

Tanpa sadar selesai baca minuman hangat habis batuk berhenti seketika walau masih ada rasa gatal di tengorokan. Tapi bisa ditahan.. yang sebelumnya semenit bisa 2 - 3 kali batuk..

Subhanallah, Allah Maha Baik.. Semoga Semua Makhluk Berbahagia dengan ciptaan Tuhan yakni sebuah "FRUIT" dari Surga Lo Han Kuo.

Sebelum ada yg komen negatif, saya adalah agnostic yang Percaya Tuhan Semesta Alam Raya namun tidak menganut Agama apapun (yet i studied major religions and i read the holy books). Dan saya percaya semua Agama Baik Adanya dan Setara di hadapan Tuhan.. Seperti "All mankind equal before Law".

Begitu juga semua manusia setara dihadapan Nya, yg membedakan adalah perbuatan baiknya.. Mau agama apapun dia kalau Jahat percuma tidak bermaslahat bagi dirinya Ataupun Alam Raya. Agama hanyalah warisan orang tua belaka yang kalau tidak bijak bisa menjerumuskan seseorang pada kesombongan diri merasa paling benar paling baik paling suci.. semoga kita tidak termasuk yang demikian.. Amien

Wallahu a'lam Bishawab

Odie mengatakan...

Alhamdulilah setelah minum larutan buah lohan ge nggak merasa mual. Namun setelah baca komentar diatas yg sok.suci tubuh ku serasa mual dan ingin muntah kemukanya

Odie mengatakan...

Alhamdulilah setelah minum larutan buah lohan ge nggak merasa mual. Namun setelah baca komentar diatas yg sok.suci tubuh ku serasa mual dan ingin muntah kemukanya

Teguh mengatakan...

semua buah tue halal. Yg ga halal tue babi, anjing, amfibi n hewan yg bertaring. Tapi law buah, semuanya halal. Kecuali diolah dgn barang haram. Alhamdulillah gue minum teh lou han kuo, jarang sariawan lagi.

tabita se mengatakan...

apakah aman dikonsumsi anak 9 bl ? tks

ari mengatakan...

Halal haram itu penting bagi yg muslim jadi jgn sok ngatain sok suci lah munafik lah... jg jgn blg sdikit2 dihubungin sama agama,ini jg bg muslim agama it sangat penting lebih ptg dr segala-galanya...

Anonim mengatakan...

Klo di indonesia yg kasih fatwa halal haram cuma mui. Klo mau bayar besar yaa halal. Klo bayarnya kecil2an dihhh pasti ga di kasi

Anonim mengatakan...

kebetulan saya mengkonsumsi lo-han-kuo infusion ( kemasan ) disitu tertera komposisinya gula aren dan lo-han-kuo. insya alloh halal karna itu tanaman, asal jangan nyuri aja, pasti haram.

Gi SLty mengatakan...

Duhh duhhhh seruuuuu !!! Xixixixixi hufttt ,,

Gi SLty mengatakan...

Duhh duhhhh seruuuuu !!! Xixixixixi hufttt ,,

Anonim mengatakan...

Hallal atau haram itu allahuallam , yg penting saling menghormati antar umat beragama !!!!!

Fara Azka mengatakan...

Sebaiknya itikad baik di jawab dg baik
Sama enak bacanya
Yg sudah merasakan manfaatnya di share aja gak usah coment lainnya

Anonim mengatakan...

Ehh yang bicara halal dan haram... Tau gak ... semua agama2 itu...yang tampaknya suci dan benar...tapi malah jadi bikin ribut antar-agama bahkan intern-agama itu sendiri... itu semua agama gak ada yang benerr! Kalo agama yang bener mah membawa perdamaian, bukan gara2 ngomongin obat halal malah jadi ribut kaga tau juntrungan-nyee... Persetan dengan agama daahh... yang penting buat gua sih tingkah laku dan kondisi hati orang!!gw kaga liat agama !!

Anonim mengatakan...

who wants post stupid comment any more???? karena saya nggak sabar menanti untuk tertawa hehe

AgenCantikQ mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Woy ,, Lo Han Kuo nya buat gw aja,,lu kbnyakan mikirin halal / haram ,, lu ritual dulu sono cari jawaban ,,
Makasih Lo Han Kuo ,bikin otak gw jadi cerdas ,,

Anonim mengatakan...

Sejak kapan sih buah itu haram dalam Islam? Coba dibaca lagi ayat2nya dalam Al-Qur'an.. semua aturan halal haram kan ada di situ. Jangan sok2 agamis tapi salah kasih info, ah. jangan suka mempersulit apa yang mudah juga. Malu.

Kalau lo han kuo haram, jeruk haram nggak? Duren? Semangka?

Anonim mengatakan...

Eh kalo masalahnya karena lo han kuo belum dpt cap halal dari MUI, yahampun.. cap halal itu nyogok juga bisa kale. Jeruk sama mangga juga belom dpt cap halal dari MUI :)

Anonim mengatakan...

Setelah minum lohan kuo rasa haus saya hilang dan segar sekali rasanya karena saya tambah es segelas.

Terima kasih lohankuo.

Anonim mengatakan...

Beli lo han kuo nya dimana yah? Info please

Kami-Nii Sama mengatakan...

yang jelas sih klo produk yg udh di jual ke indonesia rata" halal dan di bungkusnya juga ada label POM TI 024 404 601
bagi yang masih ragu tentang lo han kuo halal apa engga tinggal tanya ke pak ustad atau tanya aja langsung ke perusahaannya via web resminya gampang kan

Anonim mengatakan...

weleh2 kok lo han kuo aja di ributin halal ama nga halalnya, yang jelas manfaatnya sudah sy rasakan, untuk batuk2,tengorokan gatal ,panas dalam,dan yg paling baik mengandung antihistamin alami untuk obat alergi itu penyakit paling menjengkelkan dan susah disembuhin total pake obat dokter/habis obat jadi lagi heheeeeee, makanya minum lo han kuo yg masih dalam bentuk buahnya asli yg udah dikeringin,jadi 100% buah asli,masih nga halal ? rapopo deh kalo gitu mah.wkwkwkkkk

Anonim mengatakan...

kl mo beli lo han kuo , beli di toko obat berizin tiong hua yg jual obat2 an , terserah mo beli yg berbentuk serbukinstan tingal seduh pake air , ato buah aslinya yg dikeringkan direbus pake air selama 1/2 jam , up too you sesuai selera, heheeeee