Senin, Februari 18, 2008

Diet Dengan Minum Air Putih

Banyak orang menginginkan tubuh yang semampai bak peragawati, sehingga banyak produk penurunan berat badan dijual di pasaran. Semuanya menjanjikan penurunan berat badan dengan cepat dan mudah. Banyak orang tidak pernah peduli sudah berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Jangan ditanya berapa banyak, masalahnya hampir semuanya berharga mahal. Kalaupun mereka membeli dan mencoba, tapi belum tentu akan cocok dengan kondisi tubuh mereka.

Kondisi inilah yang akhirnya membuat kita lupa, bahwa sebenarnya ada cara menurunkan berat badan yang relatif murah dan hampir tanpa resiko. Yaitu diet dengan minum air putih. Nah, daripada kita sulit menemukan obat penurun berat badan, kenapa tak mencoba saja diet dengan air putih ini?

Manfaat Air

Air begitu besar manfaatnya bagi tubuh, selain untuk menjaga kesegaran tubuh, membantu melancarkan pencernaan, menyembuhkan berbagai macam penyakit dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Ternyata air putih juga dapat membantu mengurangi berat badan Anda. Air putih merupakan elemen penting dalam proses metabolisme (pembakaran kalori) dalam tubuh dengan mengubah makanan menjadi energi. Air berperan sebagai bahan bakar untuk mendorong reaksi kimia metabolisme. Jadi, apabila kita tidak minum cukup air, maka bisa dipastikan tubuh kita tidak akan dapat membakar kalori dengan baik.

Beberapa akibat jika tubuh kita kekurangan air, seperti:

1. Kekurangan air dapat menyebabkan penumpukan racun dalam tubuh. Semakin banyak racun dalam tubuh kita, itu artinya akan semakin sulit bagi kita untuk mengurangi berat badan.

2. Kekurangan air dalam tubuh dapat memperlambat proses penurunan berat badan. Hal ini karena sekitar 2.5 liter air habis oleh fungsi tubuh sehari-hari seperti berkeringat. Sehingga jika kita menjalani program diet dan berat badan masih saja tidak turun, mungkin hal ini disebabkan kita tidak minum cukup air.

3. Sistem pencernaan terganggu. Air penting bagi proses pencernaan. Pencernaan yang terganggu adalah jika kita tidak bisa menyerap manfaat dari makanan, sementara tubuh akan mengirimkan sinyal yang menandakan minta tambahan makanan yang mengandung mineral yang dirasakan kurang oleh tubuh.

4. Kita merasa "pura-pura" lapar. Ketika dehidrasi, tubuh akan mengirim sinyal seolah-olah meminta tambahan makanan. Dengan minum air, kita bukan hanya dapat mengekang rasa lapar, tapi juga membuat kita merasa kenyang.

5. Kita tidak dapat memperoleh seluruh manfaat dari olahraga saja. Metabolisme memang dapat meningkat dengan olahraga, tetapi air-lah yang berperan penting memaksimalkan metabolisme tersebut. Karena itu, minumlah cukup air sebelum, selama, dan sesudah olahraga.

Jadi, bagaimana caranya agar kita tahu bahwa tubuh kita telah memperoleh cairan yang cukup? Karena jumlah cairan yang dibutuhkan oleh tubuh berbeda-beda tergantung dari aktivitas apa yang kita lakukan serta suhu dan kelembaban udara di lingkungan kita. Sangat dianjurkan agar orang dewasa minum 8 gelas atau lebih air putih sehari atau minuman lain seperti jus buah yang juga dapat membantu menambah cairan dalam tubuh.

Tidak ada komentar: